Searching...

Renungan Harian Senin, 17 Maret 2014 - Lukas 6:36-38



Renungan Hari Senin, 17 Maret 2014

Hal menghakimi, Lukas 6:36-38

6:36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." 

6:37 "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. 

6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." 


Renungan :
Manusia adalah mahluk sosial, kita hidup pasti berhubungan dengan manusia lain. Dalam berhubungan dengan orang lain, kita pasti mengukur dan menilai orang lain tanpa kita sadari. Manusia mempunyai dua sisi kehidupan, yang tampak jelas yaitu jasmani kita dan yang tidak tampak atau rohani kita. Yang kita ukur dan nilai biasanya adalah sisi yang tampak saja, itulah manusiawi kita. Tetapi Allah tentu mengetahui dengan jelas dua sisi dalam hidup kita, walaupun kita dapat menyembunyikan segalanya dari manusia lain tapi tidak dihadapanNya. Karena tidak ada satupun yang bisa kita sembunyikan dariNya, maka dalam menjalin hubungan dengan Allah kita harus jujur, Allah ingin kita menghadapNya dengan apa adanya kita. 
Allah melihat kepada kita apa yang kita lakukan terhadap orang lain, dan Allah mengukurnya sama seperti kita mengukur terhadap orang lain. Seperti sabdaNya 'Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'.